Jenis Spare Part Motor yang Wajib Diperhatikan

jenis spare part motor

Jenis spare part motor yang ada saat ini memang beragam. Saat memiliki sepeda motor sendiri terasa menyenangkan. Anda bisa bepergian kemana saja dengan cepat. Bahkan juga efisien dalam hal keiritan bahan bakar. Namun Anda perlu mengetahui suku cadang yang ada pada sepeda motor. Spare Part adalah sesuatu benda yang digunakan pada kendaraan motor. Biasanya terdiri dari beberapa komponen tertentu sehingga membentuk satu kesatuan dan memiliki kegunaan yang berbeda.

Inilah Jenis Spare Part Motor yang Perlu Diperhatikan

Jenis spare part yang beragam, biasanya memiliki masa pemakaian panjang, namun ada juga yang masa pakainya singkat. Berikut ini adalah beberapa jenis sparepart yang perlu diperhatikan dan dirawat dengan baik.

Aki Motor

Spare part motor yang perlu Anda perhatikan yakni aki motor. Komponen ini memiliki peran sangat penting untuk bisa membuat motor menyala. Tanpa adanya aki, maka motor tidak akan bisa dihidupkan. Perlu diketahui bahwa fungsi aki motor sebagai penyalur daya agar motor bisa dihidupkan. Selain itu, juga menjadi komponen yang digunakan dalam penyedia tenaga cadangan mesin dan semua aksesoris motor yang ada hubungannya dengan listrik.

Aki terdiri dari dua jenis yakni kering dan basah. Biasanya aki kering untuk motor matic dengan dimensi yang kecil dan perawatannya sangat mudah. Sementara, aki basah membutuhkan perawatan, apabila air aki habis Anda perlu melakukan pengisian ulang kembali. Jangan sampai kehabisan sehingga harus lebih sering diperiksa.

Oli

Oli juga termasuk salah satu jenis spare part motor. Komponen dalam motor ini yang berperan sebagai pelumas di mesin. Apabila oli pelumas tidak sesuai untuk digunakan, tentunya hanya akan mengganggu mesin. Bahkan apabila motor digunakan jarak jauh, mesin jadi mudah rusak, macet dan akan berpengaruh pada komponen lainnya. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba mengganti oli minimal sebulan sekali.

Kampas Rem dan Tali Rem

Komponen ini juga berperan penting dalam mengatur laju sepeda motor. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk selalu melakukan pengecekan rem apabila akan melakukan perjalanan. Pastikan untuk selalu melakukan pengecekan minimal saat melakukan servis secara rutin.

Lampu

Saat ini lampu menjadi komponen yang tak kalah penting dalam berkendara. Sebab, saat ini ada ketentuan untuk selalu menyalakan lampu, meski berkendara pada waktu siang hari. Tanpa adanya lampu juga akan mengganggu berkendara saat malam hari.

Belt

Belt atau yang biasa disebut dengan rantai termasuk jenis spare part motor. Komponen ini juga perlu mendapatkan perhatian karena tanpa adanya belt atau rantai sepeda tidak bisa Anda jalankan. Untuk sepeda motor manual, pastikan melakukan pemeriksaan kondisi rantai sebelum menggunakannya. Anda bisa memberikan pelumas dan memastikan kondisinya bersih agar komponen ini tidak mudah putus serta tahan lama.

Tali Gas

Tali gas adalah komponen yang menentukan besar kecilnya gas saat motor Anda gunakan. Apabila gas disetting besar, maka kecepatannya bisa bertambah dari biasanya. Namun apabila dikecilkan, maka tidak akan bisa memiliki kecepetan ekstra.

Baca juga Tips Sukses Bisnis Kuliner, Jangan Lupa Terapkan!

Busi

Busi juga termasuk komponen penting agar motor bisa dihidupkan. Fungsinya sebagai tempat pembakaran bahan bakar. Tanpa adanya busi, maka motor tidak akan akan menyala. Pentingnya untuk selalu menjaga kebersihan busi ini. Apabila busi motor kotor bisa membuat motor sering mogok.

Bagi setiap pengendara motor memang perlu mengetahui jenis spare part motor. Pastikan untuk selalu mendapatkan perhatian agar komponen tersebut tidak mudah rusak.