Pemandangan Kebun Teh dan Gua Jepang di Agrowisata Kaligua

Agrowisata Kaligua

Agrowisata Kaligua adalah sebuah wisata perkebunan teh di Brebes yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga selama liburan. Wisata ini merupakan perkebunan teh peninggalan Belanda yang telah ada sejak tahun 1889.

Bahkan ada salah satu tokoh konsesi Belanda yaitu De Jong yang disemayamkan di lokasi Kebun Kaligua. Kebun ini memiliki latar belakang Gunung Slamet yang begitu indah dengan udara sejuk dan segar. Cocok untuk berlibur dan mengistirahatkan diri dari kesibukan dan kepadatan kota.

Agrowisata Kaligua Alamat, Jam Buka, Harga Tiket, dan Fasilitasnya

Kebun teh ini berada di ketinggian antara 1.200 hingga 2.050 Mdpl. Pada musim penghujan suhunya mencapai 8-22 celcius sedangkan pada musim kemarau suhunya dapat menjadi lebih dingin lagi, yaitu sekitar 4-12 celcius. Maka jangan heran jika Kaligua sering diselimuti kabut tebal.

Ketika akan mengunjungi wisata ini jalanan yang tadinya dipenuhi pohon pinus mulai berganti dengan perkebunan teh. Setelah memasuki wisata Kaligua pengunjung akan disambut dengan cangkir raksasa bertuliskan “Teh Kaligua”.

Selama berada di sini pengunjung juga dapat melihat pembuatan teh hitam yang merupakan jenis teh yang ditanam di area ini. Pengunjung dapat melihat proses pemetikan teh, pelayuan daun, penggilingan, hingga proses akhirnya. Tentunya pengunjung juga dapat menikmati kesegaran seduhan teh hitamnya.

Puas menikmati pemandangan hamparan kebun teh Agrowisata Kaligua ini pengunjung dapat belajar sejarah dengan mengunjungi Gua Jepang yang juga ada di kawasan yang sama. Adanya gua ini menjadi bukti sejarah panjang kebun teh Kaligua mulai dari masa penjajahan kolonial Belanda hingga Jepang.

Gua Jepang ini adalah bukti adanya pengambilalihan perkebunan ini dari Belanda oleh Jepang ketika masuk ke Indonesia. Gua ini memiliki panjang 850 meter, didalamnya terdapat beberapa ruangan seperti ruangan sidang, ruang tahanan hingga ruang pembantaian. Pengunjung juga diperbolehkan memasuki area gua, namun disarankan untuk bersama guide agar tidak tersesat.

Pemandu juga dapat menjelaskan sejarah dari gua tersebut sehingga dapat menambah pengetahuan. Di dalamnya pengunjung dapat melihat patung atau diorama yang menggambarkan situasi saat itu dan kejadian apa di dalamnya.

Pengunjung juga bisa mencoba berbagai wahana yang tersedia seperti flying fox, outbound, jaring laba-laba, kolam renang hingga tempat pemandian air panas. Selain itu, terdapat pula tempat olahraga seperti tennis, sepak bola, voli, hingga biliar.

Belum puas menikmati perkebunan dan masih ingin berlama-lama maka pengunjung dapat menginap di homestay yang tersedia disini atau berkemah di camping ground yang dapat menampung hingga 100 tenda.

Baca juga 5 Wisata Bali yang di Gemari Selebriti Asal Korea Selatan

Alamat dan Jam Buka

Agrowisata Kaligua beralamat di Jl. Kaligua No.6, Sawah,Ladang, Ragatunjung, Paguyangan, Brebes, Jawa Tengah, Indonesia. Wisata ini buka setiap hari untuk umum, setiap jam 09.00 hingga pukul 15.00. Saat sore hari biasanya perkebunan ini akan tertutupi oleh kabut yang turun. Tidak masalah jika Anda berkunjung saat siang hari karena suhunya yang memang sejuk.

Harga Tiket dan Fasilitas

Untuk memasuki wisata kebun teh ini pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp20.000 saja per orang. Untuk menggunakan pemandu dengan maksimal 20 orang biayanya Rp25.000. Tiket masuk strawberry Rp5.000, tiket masuk untuk bersepeda lokal Rp25.000 dan untuk camping Rp20.000.

Fasilitas yang dimiliki juga cukup lengkap meliputi area parkir, toilet umum, restoran, aula, panggung, mushola dan unit pelayanan kesehatan. Agrowisata Kaligua juga menyediakan paket wisata seperti paket wisata edukasi, family gathering, sejarah dan budaya, serta juga outbound.